SUKSES ANGKAT BUDAYA SUNDA DENGAN PASANGGI JAIPONG 2, MOTIVASI KBPP POLRI JABAR UNTUK MASYARAKAT

jurnalbandungraya.com – Kota Bandung, Keluarga besar putra-putri Polri atau yang lebih dikenal dengan KBPP Polri merupakan organisasi kemasyarakatan yang mempunyai hubungan kesejahteraan dengan PP Polri dan dibawah pembinaan Kapolri yang berasaskan Pancasila.

Sebagai salah satu organisasi yang turut serta mengangkat seni budaya sunda KBPP Polri Jawa Barat menggealar pasanggiri Jaipong kedua Jawa Barat tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang digelar di museum Sri Baduga jalan bkr nomor 185 Kota Bandung ini bertujuan untuk membudayakan seni di Jawa Barat khususnya Jaipong, selain itu kegitan ini juga untuk lebih memotifasi membangun KBPP Polri Jawa Barat lebih solid untuk masyarakat.

“Ya saya sarankan kepada seluruh anggota KBPP Polri, itu mempuyai program kerja salah satunya yaitu seni budaya sunda. Seni budaya sunda itu supaya di lestarikan jangan sampai hangus, jadi seni budaya ini siapa lagi yang akan mengangkat seni budaya sunda. Untuk peminat budaya sunda Jaipongan ini sudah mulai berkurang jadi supaya diangkat lagi seni budaya Jaipongan ini khususnya di seluruh anggota KBPP Polri Jawa Barat.”Ujar H.Mugi Sudjana selaku Ketua KBPP Polri Pd Jabar.

“Kami dari Polda Jawa Barat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kegiatan pasanggiri Jaipongan Jawa Barat yang dilaksnakan oleh KBPP Polri ini salah satu acara kegiatan tarian khas Jawa Barat yang memang sangat bagus dan dilombakan, sangat bagus sekali pesertanya.”Ujar AKBP.Lilies Mulyani, S.H. selaku Kasubdit Bin Polmas Dit Binmas Polda Jabar.

Terlihat para peserta sangat piawai dalam menampilkan perfom terbaiknya didepan juri, adapum kriteria penilaian dalam acara ini diantaranya meliputi pertama wiraga adalah keterampila dasar gerak tubuh atau fisik penari, kedua Wirama artinya gerakan irama yang dilakukan oleh penari dan ketiga Wirasa adalah kemampuan dalam mengekspresikan dan menggambarkan tarian yang dibawakan.

“Jadi kami melaksanakan ini tujuannya adalah untuk satu untuk membudayakan Seni Jawa Barat khusunya salah satunya dibidang Jaipongan, mengharapkan bahwa memang ini adalah anak-anak kita ini semua generasi-generasi penerus bangsa yang memang layak untuk mereka bisa meraih dengan perjuangan, pengorbanan, dan bintang dari Jawa Barat yang saya itu, ketiga kami sebagai KBPP Polri disini ingin dengan adanya lebih lagi KBPP Polri ini lebih solid lebih bermotivasi lebih lagi bisa bersama-sama membangun KBPP Polri untuk masyarakat untuk kita semua, tema besar disini sebetulnya adalah ya seni budaya dan kekompakan untuk KBPP Polri ya khususnya PD Jabar, salah satu kami mengadakan ini Jaipongan ini ya seni budaya itu sebetulnya ingin mempersatukan untuk semua sanggar-sanggar dengan adanya dibawah KBPP Polri naungan KBPP Polri bukan berarti tapi kami untuk berarti boleh dikatakan kami memonopoli tidak sama sekali tapi justru kami ingin menjadi adalah jembatan, jembatan untuk semua sanggar kemajuan semua sanggar kita berkolaborasi.”Ujar Drs. Dhenianto Sugih Harto selaku Ketua Biru BUMN.

“Kriteria biasanya dari wirahma, wiraga, wirasa sama keserasian antara lagu dan pakaian yang mereka pakai.”Ujar Ida Nurdahliati selaku Sekretaris Di Biro Pariwisata Seni dan Budaya.

Kegiatan yang digelar pada 25 sampai 26 November 2023 ini memperebutkan piala bergilir Kapolda Jawa Barat yang diikuti oleh 170 peserta dari 58 sanggar di Jawa Barat.

Dalam memperebutkan juara 1, 2, dan 3 serta harapan 1, 2, dan 3 para peserta dibagi dalam beberapa kategori di antaranya kategori sekolah dasar kelas 1, 4, dan 6 serta kategori sekolah menengah pertama.

“Persiapannyatuh latihan dengan giat terus mempersiapkan kostum habis itu mempersiapkan mental, yang penting itu mental yang harus di persiapkan, tadituh aku membawakan lagu dangiang pasir pakuan nah gerakannyatuh gagah tapi kaya ada lembut-lembutnya gitu, rasanyatuh seneng jadi bisa punya temen baru punya pengalaman baru gitu, semoga bisa jadi lebih bagus terus mentalnya juga makin kuat terus banyak temen, tentunya seneng juga kaya usaha itu tidak mengkhianati hasil gitu.”Ujar Alya Khairunisa Ramadhani selaku Juara Umum.

“Latihan nari mempersiapkan diri untuk lomba biar lombanya lancar, berdoa kepada Allah supaya dilancarkan, bantu ngepresin baju gerakan kulu-kulu 3 awalnya deg-degan sekarang udah enggak, seneng juga, lebih semangat lagi dan lebih maju lagi Amin Yarabbal Alamin, Senang dan bahagia.”Ujar Nereswari Ayudia Nadisti selaku Juara 1 Kategori SD.

Acara ini pun ditutup dengan penampilan Duta Jaipong tahun sebelumnya dan penganugrahan piala kepada para pemenang serta penyerahan piala bergilir Kapolda Jawa Barat.

Tonton via youtube

Tonton via vidio.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *